“ DAERAH SEJUTA WARUNG KOPI “

Posted: November 23, 2011 in lifestyle

“ DAERAH SEJUTA WARUNG KOPI YANG MENARIK HATI “

Dari judulnya sudah ketauan klo yang mw gue critain ntu tentang Daerah yang punya sejuta warung kopi, alias banyak kali warung (cafe, toko, ruko) yang jual minuman kopi. Pengertian warung kopi disini pun sebenarnya lebih umum, warung yang dimaksud disini bisa saja cafe, ruko, toko kecil dan etc. Dan minuman yang dijual sebenarnya juga gak hanya kopi, tapi berbagai minuman, aneka jus juga ada, Cuma KOPI nya harus tetap ada, makanya disebut WARKOP  (warung Kopi) oleh orang-orang daerah sini.

Mungkin banyak yang sudah tau daerahnya dimana, yap betul “ACEH” provinsi di ujung sumatera. Mungkin sebelum panjang lebar gue ceritaiin tentang WARKOP disni, gue jelasin sekilas tentang KOPI ,sejarah nya lah, itung2 nambah pengetahuan, jangan asal minum doank, tapi gak tw apa n darimana ntu asal kopi.hha

Sekilas tentang Kopi :

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya

Untuk sekilas tentang kopi mungkin udah dibahas, klo mau lengkap nya bisa diliat  di google.hhe.

Kembali ke laptop, Aroma kopi Aceh sudah sejak lama terkenal di Indonesia, mungkin pula di dunia. Aceh adalah salah satu penghasil kopi terbesar di negeri kepulauan ini. Tanah Aceh menghasilkan sekitar 40 persen biji kopi jenis Arabica tingkat premium dari total panen kopi di Indonesia. Dan Indonesia merupakan pengekspor biji kopi terbesar keempat di dunia.

Berkumpul dan minum kopi di warkop memang sudah menjadi kebiasaan orang Aceh sejak dulu. Orang Aceh berkumpul di warkop kopi, lebih kepada untuk mempererat rasa persaudaraan

Gue yang notabe nya dalah mahasiswa rantau alias orang asing bukan dari aceh, baru tau klo salah satu kebiasaan orang aceh adalah duduk di warkop.ckckc..

Yang sebenrnya gue ingin critain adalah :

  1. Warkop di aceh ternyata sangattttttttttt buanyaaaaaaaakk…bisa dibilang semenjak gue kuliah disini ada ja warkop baru, gak hanya yang kecil2 doang, malah ada yang bentuk cafe2 gaul, yang modern lah bs dibilang..padahal isinya Cuma KOPI n aneka jus minuman..ckckc. yang paling lucu, persaingan nya juga cukup ketat, kenapa? Gue pernah liat waktu ntu warkop sudah berdiri, rame, keren lumayan, trus disebelahnya dibangun juga warkop. Setelah warkop baru  udah selesai dibangun, n ternyata lebih KEREN, pengunjung disebelah pun pada pindah ketempat baru yang lebih keren..ckckc..warkop lama pun ditinggalkan..hha, bisnis memang kejam..
  2. Warkop juga ada WIFi buat internetan , ni dy yang buat anak mahasiswa doyan, n betah nangkring di warkop , meskipun Cuma mesen TEH HANGAT/TEH DINGIN (rp. 3000) dari pagi ampe siang, malah klo yang kelewatan gila ampe sore..ckck..

(dari pagi ampe sore, mesen Cuma teh, hha)

3. Di warkop, sebenarnya ada namanya kopi yang beda dengan daerah gue, namanya SANGER..hhe minuman favorit gue nih, sanger ntu, campuran kopi, susu, n gula, muanissss banget, n pahit2 sikit, cara buat nya pun disraing tinggi2 n dikocok.. hhe.lazizzz,ajib.

(cara bikin kopi, saring nya tinggi2 gitu, g tw kenapa)

( ni namannya minuman sanger, campuran kopi, susu, gula )

4. Oy, klo pikir warkop pasti yang terbayang pengunjung nya pasti cowok, trs mahasiswa, pengopi..tapiiiiiiiii, klo diaceh, jangan salah, gak tua, muda, cowok, cewek, ibuk2, anak2..semua suka pigi ke warkop,..mantab kn.hha

Boz cowo aja gue bingung, keluarga, anak bayi, diajak nongkrong di warkop.hha,..mancabb

(ce aj suka ngopi, mancab, maco)

Warkop itu MULTIFUNGSI di aceh, gak hanya tempat minum kopi ato minum , tapi juga buat ;

  1. Belajar : mahasiswa sering cari bahan dari internet dengan pake WIFI warkop..ckck* yang gak tahan nya Cuma mesen teh hangat sampe sore.wkwkw

(ngeriiii, belajar d warkopp, ckckc)

2. Tempat silaturahim/ngobrol2 ; enak nya ntu klo ngobrol bareng temen, di warkkop memang,nyantai, n bisa lupa waktu..

(3 NG : ngebab, ngopi, ngobrol)

3. Buat RAPAT ; percaya ato enggak, bapak2 yang Pns/orang partai/ ato pejabat, suka kali ngobrol ato rapat di Warkop..halah2.kayak gak ada tempat laen aja, andy Malarangeng pun sempat rapat di warkop aceh, *menteri Olharga..ckck

 (ni gambar dari google)

4. Buat Nonton bola ; percaya ato enggak, warkop ternyta punya tivi lebar dengan  banyak chanel/ antena digital, masyaratk sekitar aja dikit yang pake digital, di warkop aja udah ada ,,hha, gak hanya digital LCD pun ada,jadi klo mw seru2 an nonton bola, datang aja ke warkop..

(nobarr indo vs malay)

Gak cocok klo sehari ntu gak ke warkop : “pepatah gue” hha…

Mungkin hanya sedikit yang bisa gue ceritaiin, klo mau buktiin, datang aja ke aceh, gak hanya wakrkop nya yang banyak, tapi juga adat, kebudayaan, alamnya yang indah disini..aYOO VISIIt Acehhh..salam Aneuk Ngupi

Sumber : dari berbagai referensi di otak gue

Komentar
  1. Afry Barcamania mengatakan:

    yokaaaaaaaaaaaa..fotooo aq d bajakkkkkkkkkkkkk =((

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s