eksotik nya tarian aceh “likok pulo”

Posted: November 23, 2011 in lifestyle

Pernah denger dengan tarian SAman?? pastiiiiii …

pernah denger dengan tarian likok Pulo??? * yg blum familiar ato orang bukan aceh mungkin banyak bertanya tanya..apaan tuh?? Lum pernah denger n liat gue..namanya aja aneh gitu..

sebelum gue bahas lebih lanjut, ni gue kasih dikit pencerahan tentang sejarah n artinya..

Tari Likok Pulo adalah tari yang berasal dari Aceh. Tarian ini lahir sekitar tahun 1849, diciptakan oleh seorang ulama tua berasal dari Arab yang hanyut di laut dan terdampar di Pulo Aceh. Tari ini diadakan sesudah menanam padi atau sesudah panen padi, biasanya pertunjukan dilangsungkan pada malam hari bahkan jika tarian dipertandingkan dapat berjalan semalam suntuk sampai pagi. Tarian dimainkan dengan posisi duduk bersimpuh, berbanjar, atau bahu membahu.

Seorang pemain utama yang disebut cèh berada di tengah-tengah pemain. Dua orang penabuh rapa’i berada di belakang atau sisi kiri dan kanan pemain. Sedangkan gerak tari hanya memfungsikan anggota tubuh bagian atas, badan, tangan, dan kepala. Gerakan tari pada prinsipnya ialah gerakan oleh tubuh, keterampilan, keseragaman atau kesetaraan dengan memfungsikan tangan sama-sama ke depan, ke samping kiri atau kanan, ke atas, dan melingkar dari depan ke belakang, dengan tempo mula lambat hingga cepat.

Jadiiiii..

Tarian likok pulo merupakan tarian aceh juga, yang mana disni gue tekankan..GAK KALAH KEREN dengan TARI SAMAn..hhe

Keserasian, kecepatan, kerapian , n keindahn gerakan menjadi andalannya

Gak hanya, cewek..cowok malah lebih keren memainkannya, di aceh sering diperlombakan tarian2 ini, khusus nya bagi remaja muda n anak2 kuliah, sebagai wujud warisan kebudayaan tentunya..

Klo mw liat lebih jelas ntr w kasih link u tube nya., sekali lagi, disni sebenrnya w mau promosi, kalo tarian aceh itu ada buanyaaaaak, g hanya saman, tapi ada juga salah satunya likok pulo..

Contohnya ; yng dibawakan grup LIKOK PULO FK UNSYIAH 2008

Hhe..

*maco nya anak likok pulo

ni wktu duel kesenian dengan anak2 korea (*cewe2 nya aja terpana,ckck)

ni beberapa link u tube penampilan kami :

liat yah :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s