Beautiful town “Banda Aceh”, my second home

Posted: November 24, 2011 in lifestyle

Yang pengen gue critaiin disni sebenarnya adalah tentang kota banda aceh ato Aceh secara umum yang menjadi second home gue, tapi ini dikaitkan dengan pengalaman gue yang sebenrnya adalah mahasiswa rantau *ato bole dibilang, bukan orang aceh, alias pendatang , yang mana disini gue udah merasa seperti orang aceh, hhe. Jadi klo ada yang salah dalam penulisan  mohon maaf yah..hhe but I LOVE aceh..

Jadi begini ceritanya..

Sekitar 3 tahun yang lalu ato tahun 2008, gue lulus di salah satu universitas di prov. Aceh/ kota Banda Aceh (Fakultas  xxxxx). Alasan kenapa gue kenapa bisa lulus di aceh, karna gue lulus SNMPTN .hha..lulus snmptn karna gue milih aceh, kenapa gue milih aceh, karnaaaaa,,, banyak alasan terlalu pribadi hhe…singkat cerita gue udah lulus,..dan pertama yang gue lakukan waktu itu adalah mencari segala sesuatu , informasi tentang Aceh..gimna aceh etc..

Singkatnya ada beberapa ni, sebelum gue tau aceh :

  1. Gue cari di google, gambar, kota Aceh / univ nya. Jreng jreng,,.gambar yang keluar membuat gue terpana, sebuah mesjid, n kota yang rata2 banyak pasirr…*coba cek sekarang, masih sama ato enggak. Yang jelas itu 3 tahun lalu. Jadi di pikiran gue, kota ini adalah kota Padang pasir, mirip2 arab gitu… -.-“ OMG..gmn nasib gue ntr..ckck gtu pikiran gue sebelumnya..
  2. Yang kedua gue cari info dari kerabat, sodara, n etc..

Tanggapan mereka

–  “ wew., ati2 y tsunami, kemaren ada liat kan ?parah tuh, rawan bencana”

– “ weww, ati2 y, ada GAM , bahaya ntu sering tembak2 kan, apalagi kamu adalah pendatang “

Pendapat yang laen kurang lebih sama..asliii, sempet down mental gue..huft, tapi singkat cerita gue bulatkan tekad.. GUE PASTI BISA, DEMI MENATAP MASA DEPAN CERAH..

Jujur, inilah beberapa pikiran n tanggapan orang luar terhadap aceh, apalagi dari media mendukung *tivi2 beritanya sering aneh gitu

Singkat cerita lagi, gue sampe ke aceh.. n hasilnya, kurang lebih sama, yang mana??  Tempat nya, panas, kering, banyak mesjid, kayak arab2 gitu..tp klo tanggapan dari sodara belum kepikiran waktu itu..

ni photo prtama gue di mesjid raya ( kyk di arab2 gitu kn,hhe)

Waktu pun terus berjalan, 3 tahun sudah, dan akhirnya gue mulai menyimpulkan sedikit tentang aceh versi gue ( tentang Kota nya, Adat nya,  Kebudayaan nya, Orangnya ) :

Kota    :

Kota banda Aceh mungkin boleh dibilang gak terlalu besar, klo seharian kelililng mungkin bisa : p , tapi yang pasti setiap sudut kota puya daya tarik sendiri,.. gak bisa dijelaskan,untuk  obyek wisata dalam kota nya pun mancab, contohnya museum tsunami, kapal apung, pelabuhan  Ule le. trus  untuk keindahan alamnya, yaitu pantai. coba aja datang ke pantai2 nya, wew..mancab, yakin g akan nyesal , menyejukkan mata deh

pasir putih

dari gruete

air terjun

  n di kota nya pun sering diadakan event2 nasional, internasional, kebudayaan, n banyak lagi, pokok nya hidup lah

PKA (pekan kebudayaan Aceh, 5 tahun sekali)

festival kebudayaan

lupa gue dimana nih * gue dari tadi gak ada, juru photo –“

..klo dibilang panas..memang panas, apalagi klo baru2 datang, tapi klo udah biasa, g masalah, biasa aja..Cuma bisa dibandingkan 3 tahun lalu gue dengan yang sekarang.. kulit gue jadi ada hitem manizz nya, alias belang, hhe. Tp tetep maco, hana masalah,.

Oy, untuk maslah tsunami, gue harep deh jangan ada lagi, itu luka yang mendalam bagi masyarakat aceh, gitu kata teman gue aamiin.apalagi GAM , udah g ada lagi deh, di tivi aja yang sering diberitakan klo aneh2, tapi sekarang udah aman n KONDUSIF kok J.

Adat , kebudayaan, Kesenian :

Mungkin yang pertama adalah adat, tp yg gue bahas disni adalah hukum syariat, di aceh, ternyata ada peraturan daerah ato disebut qanun, yang menarik adalah tentang JILBAB, wajib hukumnya cewek pake jilbab, yg co g bole pake celana pendek n tebar pesona..wew..mancab kan..jadi nya pun lebih teratur sesuai akidah kita sebagai seorang muslim.hhe..tempat dugem juga gak ada, klo pun ada pasti terselubung, padahal klo boleh jujur niat gue masa2 kuliah ntu adalah DUGEM, kapan lagi menikmati hidup, tapi gue sadar, DUNIA ITU SEMUA..ckck

Untuk kebudayaan n seni, : diaceh memang masih kental dengan seni budaya nya, gue pun terpesona dengan seni n budaya nya, ampe2 gue ikut grup nari aceh di fakultas , likok pulo..ckck.. n event2 seni pun sering diadakan di kota banda aceh, yang berarti masyarakat nya masih sangat peduli dengan kebudayaan n seni nya. Pokoknya THE BEST  lah

grup rapai n likok pulo leting 2008

sebelum Nampil selalu exist, sesi phto

Orang Aceh :

Gue baru tau klo ACEH tu ada kepanjangannya  = Arab, China, Eropa, Hindia

Wew, tapi ternyata betol loh, temen2 gue aja banyak yang mirip sesuai kategori diatas, ckck. Di fakultas gue pun betebaran ce n co mirip artis 😛 hhe..

temen sekelas gue sekarang durrah , jilbab coklat ( Arab gitu kn, hhe)

temen serumah gue skrg, Sayid Najibullah * namanya aja gitu, dy ngakunya keturunan turki gtu..wkwkw

temen gue juga ni Chinese *andy lie ,hhe , temen mangkal alias nongkrong , wkwkwkw…

untuk Eropa, sengaja gak gue tayangin, ntr pada nanya ke gue, kan gue yang repot, hha

temen gue, Rizka nadya..coba tebak syp diatas nya??artis india

yua betul, artis india, Kajol y namanya.. gimana?mirip?

coba tebak, yang mana temen gue, hha.. namanya Rais al-abqary..(india banget kan, hhe)

betul kan, ACEH = Arab, China, Eropa, Hindia(india)

Orang aceh itu menurut gue, baik hati tentunya, ramah, mungkin bhsa n intonasinya aj yang menurut gue unik, hhe.. tapi secara garis besar temen2 aceh gue ntu rata2 ramah2, sopan, beda loh dengan temen gue di kampung halaman, bahsa MACo sedkit kasar gitu.hha..

sangking ramahnya, pada mesum juga, hha

maco2 juga , hha

Over all nice,

Satu lagi tentang cewe aceh, seperti yang udah gue bilang, rata2 cewe aceh khas, blasteran gitu, yang lokal pun oke punya, hhe, tapi klo disinggung kenapa gue lum dapet ce aceh

  1. Boz ce gue warning “ klo bisa jangan cewe aceh y..jauuuuh amat ntr tinggal nya” boz ce gue takut jarang dikunjugi ntr,hhe..palagi bolak balik aceh juga mahal loh dr kampung halaman gue😛
  2.  Yang kedua, lum nemuin yang cocok aja, klo ketemu yang cocok , pendapat nomer 1 pun lewat.hha

Yah mngkn sedikit tentang kota banda aceh, my second home, maaf jika ada salah kata dalm penulisan, sekali lagi mohon maaf, ini hanya argumen gue aja..over all ILOVE ACEH

Komentar
  1. najib mengatakan:

    waaaa… sepertinya ada pembajakan foto orang nie,, ckckckk

  2. Afry Barcamania mengatakan:

    hahahha.jgan ama cewe aceh yo.cewek jambi lebh cakep2😀

Tinggalkan Balasan

