ALL ABOUT JAMBI PART 2

Posted: Mei 13, 2012 in Uncategorized

ALL ABOUT Jambi PART 2

Okeh, selanjutnya yang ingin aku kasih tau yaitu makanan khas dan seni budaya di jambi , kalau pergi jalan ke suatu tempat yang harus di coba adalah MAKANANYA, alias wisata kuliner, rugi dong kalau gak di cicip :D~ .he.

Di PART 2 ini yang ingin aku bagi yaitu tentang makanan khas JAMBI, cekidot :

TEMPOYAK/ Gulai Ikan Patin (Patin Fish Curry)

Tempoyak dibuat dari durian yang ‘digosongkan.’ Daging buah durian dipisahkan dari bijinya dan disimpan dalam wadah atau toples yang ditutu rapat. Makin lama waktu penyimpanan maka rasa dan aroma tempoyak juga menjadi lebih nikmat. Proses fermentasi pada daging buah inilah yang merubah unsur-unsur kimia dan fisika pada durian. Yang paling penting pembuat tempoyak harus memilih buah durian yang berkualitas baik sebgai bahan dasar. Daya tahan tempoyak bisa tahan sampat satu tahun.

Ada beberapa menu andalan yang paling disukai, antara lain Tempoyak Gurame, Tempoyak Patin, Tempoyak Udang dan Gurame Kerutup serta Malbi (masakan daging hitam seperti rendang). “Meski berbahan dasar durian, tapi setelah diolah, rasa duriannya hanya sedikit.”

Tempoyak patin, bahannya ikan patin dengan bumbu-bumbu tempoyak, cabe rawit, cabe merah, kunyit dan sere. “Cara membuatnya, semua bumbu dihaluskan kemudian diberi air masak sampai mendidih. Setelah itu tempoyak dimasukkan dan terakhir masukkan ikan. Satu ekor ikan bisa dipotong jadi empat bagian.

Padamaran (Steamed rice flour pudding)

Makanan ini terbuat dari tepung beras, santan dan gula merah sebagai pemanis. Bahan-bahan ini kemudian ditempatkan di sebuah cup yang terbuat dari daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Warna hijau dan aroma yang khas dari makanan ini berasal dari daun pandan yang ditumbuk dan diambil sarinya.

Dendeng Batokok  

Dendeng Batokok adalah irisan daging sapi yang direbus dalam air kelapa yang telah dibumbui bawang putih dan jahe. Air kelapa berguna untuk mengempukan daging. Setelah cukup empuk daging ditiriskan lalu di memerkan dengan cara dipukul-pukul dengan palu,selanjutnya daging ini dibakar.Setelah matang daging ini dicampur dengan sambal merah. Masakan ini berasal dari Kabupaten Kerinci, kawasan dataran tinggi di Provinsi Jambi. Masakan ini sangat cocok dimakan bersama nasi dari beras payo.

 

Nasi Minyak (Spice-Flovored Rice)

 Nasi Minyak adalah beras yang dimasak bersama susu, saos tomat, minyak samin dan rempah-rempah seperti jahe, jintan manis, jintan putih, kayu manis dan cengkih. Pengaruh masakan Arab terasa sangat kental pada makanan ini. Nasi minyak biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti pesta pernikahan, acara cukuran anak dan acara khusus lainnya.
Nasi minyak ini disajikan bersama dengan kari sapi atau ayam dengan tambahan acar timun,sambal nanas, kerupuk udang dan taburan bawang goreng.

 Empek-empek

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tengiri atau gabus dan sagu.Daging ikan dibersihkan adri kulit dan tulang kemudian dicampur dengan tepung kanji dan bumbu. Adonan ini kemudian dibentuk seperti silinder atau bulat-bulat seperti biasa.Meskipun merupakan makanan asli daerah Palembang tetapi menjadi makanan yang sangat populer juga di Jambi karena letaknya yang berdekatan dengan Provinsi Sumatera Selatan.Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko. Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.Salah satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.Jenis pempek yang terkenal adalah “pempek kapal selam”, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.

Tekwan

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang juga sangat populer di Jambi. Makanan ini terbuat dari ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil. Disajikan dengan menggunakan kuah dengan rasa yang khas dan dilengkapi bihun serta jamur. Tekwan dibuat dengan cara membuat bulatan-bulatan kecil dari bahan dasar empek-empek dan dimasukkan air mendidih sampai matang lalu tiriskan (disebut biji tekwan). Lalu bawang merah dan bawang putih, merica ditumis sampai berwarna kuning dan harum. Kemudian Udang/kepala udang direbus dengan air, baru masukkan tumisan bumbu dan diberi bengkoang yang diiris sepotong jari, soun, sedap malam, jamur kuping dan biji tekwan.Tekwan biasanya dihidangkan dalam kondisi panas-panas dengan taburan daun bawang, daun seledri dan bawang goreng.

Martabak Mesir

Martabak Mesir dibuat dengan cara mencampur daun bawang dalam jumlah yang banyak dengan telur dan daging sapi cincang. Campuran itu kemudian dibungkus dengan adonan tebung yang
sangat tipis kemudian digoreng dalam minyak panas. Martabak ini dimakan dengan saus kecap encer yang dicampur cuka dengan tambahan acar timun dan cabe rawit.Martabak Mesir merupakan makanan khas Minang tetapi sangat populer di Jambi.

Sumber : http://www.tourismjambi.com/id/makanan-khas-/93-makanan-khas-jambi.html

 NASI GEMUK & JUS PINANG

Nasi gemuk atau nasi uduk termasuk masakan favorit di Jambi. Biasanya, nasi gemuk disantap pagi hari sebagai menu sarapan, selain lontong. Nasi ini juga bisa anda temukan di Malysia atau Singapura dengan sebutan Nasi Lemak.

Nasi gemuk dibuat dari bahan-bahan beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk. “Caranya, beras dicampur bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, diaron, lalu dikukus selama sejam,”.

Sebagai ‘teman’ nasi gemuk, cukup tambahan kerupuk, telur, kacang tanah, teri , timun, bawang goreng, dan acar. “Lalu ditambah telur rebus atau mata sapi.

Sedangkan Jus pinang, yang juga merupakan jus favorit warga Jambi yang memiliki banyak khasiatnya, di antaranya meningkatkan stamina, melancarkan peredaran darah, ketahanan tubuh, dan masuk angin.

Unntuk mendapatkan satu gelas jus pinang yang enak, bahan dasarnya adalah buah pinang segar sebanyak 4 buah. Ditambah gula merah, jahe merah, pandan, serai, cengkeh, dan kulit manis. “Semua bahan diblender jadi satu. Setelah itu siap disajikan. Agar lebih nikmat Jus Pindang bisa juga dicampur dengnan sebutir telur ayam kampung.

SRIKAYA DAN GANDUS

Salah satu kue yang paling disuka warga Jambi adaalah kue gandus. Bahan gandus dari tepung beras, sagu,santan dan daun. Bumbunya, bawang putih dihaluskan, cabe dipotong-potong kecil dan santan diaduk. Setelah bahan dicampur lalu tambah garam. Untuk mencetaknya ada dua macam, satu cetakan bulat ada juga yang ditaruh dalam loyang dan dikukus selama 10 menit. Setelah matang, kemudian dipotong-potong. Sebelum disiapkan kue dihias dulu atasnya dengan taburan udang, ebi, ayam, daging giling atau abon ikan. Soal rasa, tak perlu ditanya. Legit dan gurih seperti bubur ayam. Legit karena ada campuran tepung beras.

Sedangkan kue Srikaya terbuat dari bahan dasar tape. Dalam pembuatannya tape dicampur dengan santan, kemudian diberi perwarna hijau sekali pengharum daun pandan. Penyedap rasa ditambahkan gula dan rempah-rempah. Kemudian semua bahan di aduk hingga rata kemudian adonan diletakan pada beberapa mangkuk daun terpisah yang terbuat dari daun pisang. Selanjutanya adonan dalam mangkuk daun pisang ini di kukus hingga matang.

Berikut tempat-tempat makan dikota Jambi

Mie Pangdam Saimen
Alamat: Jl. Raden Mataher No. 51-54 Jambi
Penjual roti bakery yang terkenal di Jambi. Trus selain bakery ada tempat makannya juga, menu unggulannya Mi Pangdam (Mie Pangsit Lada  Hitam) sama Mi Kangkung.

Pondok Pinang Sarinande
Alamat: Jl. Sultan Agung No.4 Murni, Jambi
Disini anda akan disajikan seafood atau aneka ikan dan udang seperti: Pindang Udang, Patin Tausi, Tumis Tauge Ikan Asin, Cumi Goreng Tepung

Happy Family
Alamat: Jl. Moh. Yamin No. 88 Bebak Bandung, Jambi
Ayam gulung, kangkung kriuk siram, sama ayam kampung goreng siantar.

Tempoyak Kedai Ombai
Alamat: Jl. Telanai Pura Kodya Jambi
Disini bisa anda nikmati masakan khas Jambi (termasuk Palembang) yaitu tempoyak ikan patin.

Kue Srikaya, Padamaran dan Gandus “Malvinas”
Alamat: Lorong Ikhlas Kodya Jamb
Disisni menjual aneka kue basah khas Jambi yang lezat dan murah.

Nasi Gemuk dan Jus Pinang Yusmawardi
Alamat: Jl. Jend. Sudirman Kodya Jambi
Biasanya kedai ini dibuka pada saat jam sarapan. Dan menu yang disajikan adalah nasi nasi gemuk atau dibetawi disebut nasi uduk. Minuman favoritnya adalah jus pinang.

http://zulitaufik.wordpress.com/2011/01/09/kuliner-khas-jambi/

Selain itu ada juga makanan per tiap  kab/kota,

Adapun jenis makanan dan minuman yang disajikan 11 kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi

1. Kerang Bumbu, Sayur Asam Keladi dan Sambal Petis

2. Kabupaten Batanghari menampilkan Gangan Rejang Umbut Rotan, Pecah Patin/Putri Berendam dan Udang Betara.

3. Kabupaten Tanjab Barat menampilkan Ikan Cabut Tulang, Rujak Kelapa dan Sirup Buah Pedada.

4. Kota Jambi menampilkan Tepek Ikan, Brengkes Tempoyak, Kue Bawang Putih, Kue Pedamaran dan Nasi Minyak.

5. Kabupaten Kerinci menampilkan Dendeng Batokok, Telor Ikan Se Kuning, Nasi Bakar, Sambal Giling Ikan dan Sambal Giling Ikan Semah.

6. Kabupaten Muaro Jambi menampilkan Gangan Belut, Ikat Senggung, Sambal Asam dan Sambal Kweni.

7. Kabupaten Bungo menampilkan Gulai Terjun Suka Menanti dan Dendeng Ragi Belut.

8. Kabupaten Sarolangun menampilkan Sayur Lodeh Tebu Telok Daun Blora dan Sambal Pirik.

9. Kabupaten Tebo menampilkan Masak Item Simabu dan Sambal Temu Pauh.

10. Kota Sungai Penuh Kerinci menampilkan Rendang Pensi, Gulai Cendawan dan Sambal Bumbu Penyelang.

11. Kabupaten Merangin menampilkan Gulai Terjun Ayam Dusun, Gulai Belut Pucuk Paku, Sirup Rumput Teki dan Bubua Jejehing.

https://www.facebook.com/note.php?note_id=292179595447

dan berbagai jajanan dapat dilihat disini

https://www.facebook.com/media/set/?set=a.290815529603.142982.112434664603&type=3

 

okeh see u next ALL ABOUT JAMBI PART 3

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s