Kenangan Semasa di KESMAS

Posted: Januari 1, 2013 in Kedokteran
Tag:, , ,

Tepat tanggal 29 Desember 2012, adalah hari terakhir saya dan teman2 kelompok saya di stase kesmas. Sudah lebih dari 6 minggu saya dan teman-teman menuntut ilmu di kesmas, seperti Manajemen Kesehatan (tentang memanajerial puskesmas, merombok visi,misi, tujuan,membuat program aksi/kegiatan puskesmas,perencanaan dll.) , Gizi (dietetik pasien Dm,gout,hipertensi,masalah2 kesehatan gizi di indonesia); Kesehatan kerja( perundang-undangan kesehatan kerja,penyakit2 akibat kerja) epidemiologi ( tentang penyebaran,distribusi,rasio,insiden,prevalensi, dan ll), kesehatan lingkungan (turun ke lapangan, melihat secara langsung kesehatan lingkungan yang terjadi di masyarakat) dll), Biostatistik (tentang perhitungan AKB,AKI, status gizi, umur harapan hidup dan etc) semua nya sangat bermanfaat bagi saya, dan apabila porsi pengajaran nya juga di tambah, -pasti lebih berguna bagi saya🙂 *untuk melihat materi-materi yang diajarkan bisa mengunjungi  blog saya satu lagi : http://dragyo.tumblr.com/.

2 kisah yang berkesan adalah sebagai berikut ;

1. saat di kesehatan lingkungan, yang kami pelajari adalah tentang kesehatan lingkungan pasar peunayong.

20121219_105131

jadi minggu itu kami sibuk survey pasar peunayong,pasar tradisional nya pasar ayam, daging, ikan, pasar bumbu, selama dua hari, sebenarnya tidak terlalu sulit, namun dikarenakan hujan, dan kondisi saya yang tidak fit, setelah survey, saya pun sakit, demam, infeksi pada telinga, karna ada jerawat pada telinga dan pecah, sehingga dibawah rahang saya bengkak, jaringan limfe nya pada bengkak, akhirnya saya pun sakit, namun saat itu kami pun juga harus diwajibkan untuk presentasi hasil yang telah kami dapat.dengan perjuangan yang penuh, kekuatan terakhir, saya pun terus mengerjakan pekerjaaan itu sampai akhir, walaupun hanya sebatas mengerjakan, tidak bisa saya presentasikan karna suara saya tidak terdengar normal lagi (sudah serak), digantikan teman saya sisil, namun saya ikut juga sebagai operator karna ada video yang ingin kami tampilkan , itulah jurus utama kami,

.. dan ternyata benar, walhasil presentasi kami terbilang bagus dan mendapat  pujian dari dokter dokter yang hadir. Kami pun mendapat tawaran untuk membuat artikel tentang kesehatan lingkungan di pasar tradisional pasar peunayong banda aceh  untuk di muat di surat kabar SERAMBI.hhe..betapa bangga dan puasnya sya dan teman-teman ketika ditawari hal tersebut. *walaupun pada akhirnya kami tidak sempat buat artikel tersebut karna minggu berikutnya biostatistik lebih padat dan mengerikan karna bannyak nya tugas yang dikerjakan,

2. kenangan kedua yang membuat berkesan adalah bisostatistik.

Kenapa berkesan, karna kami terancam tidak lulus,begini ceritanya; jadi pada minggu biostatistik adalah minggu terakhir, dan hanya tiga hari , dikarenakan libur 2 hari, 25 desember,dan senin yang terjepit.

Kami mendapat tugas yang sulit sebagai post test, kenapa sulit, karna tugas tersebut belum pernah di ajarkan, namun tugas itu menentukan apakah kami lulus atau tidak, dengan kepasrahan, kami pun tetap mengerjakan tugas tersebut, walaupun ada beberapa yang tidak kami mengerti.

Walhasil di saat presentasi, yang kami kerjakan , *tidak hanya kelompok saya. kelompok abg2 leting pun pada salah mengerjakan nya . dan kami pun terancam tidak lulus.huhft. itu merupakan saat saat yang mendebarkan bagi kelompok kami, dan akhirnya dibuat lah sebuah kesepakatan dengan dokter, agar kami bisa langsung melakukan perbaikan hari itu juga, perwakilan tiap kelompok.akhirnya dibolehkan, walhasil kami pun bisa memperbaikinya dengan nilai yang memuaskan, insyaaallah kami lulus, hhe..

dua cerita ini sangat berkesan bagi saya,karna membuat adrenalin kami menjadi tinggi hhe.

semoga ilmu yang kami dapat dikesmas berguna dikemudian hari.aamiin.

E1

Kesmas sudah kami anggap sebagai rumah kami sendiri, tempat untuk belajar, makan (bubur,batagor,gorengan) minum,ngecas hp (peralatan elektronik),WIfi, Ngobrol,curhat,maen game, Tidur, B*B.B*K, pokoknya lengkap..and,semoga ilmu kesmas bisa menjadi bekal untuk dikemudian hari.aamiin. 30-12-12

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

